Monday, July 29, 2019

Diabetes, The Silent Killer

Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar yang namanya penyakit diabetes! Sebenarnya apa itu penyakit diabetes? Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan karena kadar gula darah yang tinggi yang menyebabkan tubuh tidak bekerja normal. Perlu kamu ketehaui juga, bahwa diabetes ini merupakan penyakit yang diam-diam membunuh tubuh. Penyakit diabetes ini bisa diakibatkan oleh yang namanya komplikasi dari diabetes. Apa itu komplikasi dari diabetes? Yang dimaksudkan di sini adalah penyakit yang diderita oleh seseorang pengidap diabetes ini tidak bisa mengendalikan hal tersebut dan menyebabkan komplikasi yang bisa menyerang tubuh hingga berujung pada kematian. 




Penyakit diabetes ini biasanya menyerang orang-orang yang kelebihan berat badan (obesitas), seorang perokok sejati, dan malas gerak untuk berolahraga. Untuk hal seperti ini, seseorang harus mampu mengubah segala kebiasaan buruk mereka menjadikan kehidupan mereka dengan gaya yang baik. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk medhindari yang namanya diabetes, the silent killer ini kamu harus mampu untuk mengkonsumsi makanan sehat, menghentikan kebiasaan merokok, dan banyak olahraga secara rutin. 


Membahas mengenai diabetes, apa saja yang menyebabkan tubuh terkena penyakit diabetes dan akan dijelaskan pada kesempatan kali ini sebagai berikut:

1.Kebanyakan meminum teh manis
Salah satu penyebab adanya penyakit diabetes adalah kebanyakan meminum teh manis. Mungkin minum teh manis adalah hal yang lumrah dilakukan oleh sebagian besar orang, walaupun begitu jika kamu kebanyakan minuman manis seperti teh bisa menyebabkan diabetes muncul. Teh manis ini  terdiri dari banyak kalor melihat kepekatan dari gula yang dipakai. Jadi, gula yang dikandung dalam teh ini bisa menyebabkan yang namanya obesitas dan obesitas ini bisa membawa ke arah diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang berbahaya. 

2.Kebanyakan makan gorengan
Yang suka dengan gorengan, jangan sampai berlebihan ya untuk makan gorengan. Kamu masih tetap boleh memakan gorengan tetapi dengan secukupnya. Apa yang menyebabkan gorengan ini dilarang untuk dikonsumsi berlebihan? Karena, gorengan ini mengandung kadar kolestrol yang sangat lumayan tinggi. Adanya kolestrol yang tinggi ini menimbulkan pembuluh darah koroner tersumbat dan membuat risiko dislipidemia. Dislipidemia yang berlebihan ini bisa menyebabkan diabetes. 

3.Waktu tidur yang kurang
Salah satu penyebab adanya diabetes karena waktu tidur yang kurang. Perlu untuk kamu ketahui, karena waktu tidur yang kurang maksimal ini bisa menyebabkan metabolisme tubuh tidak baik. Kurang tidur ini bisa membuat seseorang kebanyakan makan, makanan yang dimakan ini bisa saja makanan yang buruk jika diserap oleh tubuh. Jadi, dari makan yang berlebihan ini bisa menyebabkan yang namanya diabetes. Untuk itu, buatlah waktu tidur kamu sebaik mungkin. 

4.Kebanyakan stress atau depresi
Stress atau deperi ini hadir di sebagian hidup orang. Stress sendiri bisa menyebabkan diabetes. Pada saat stress, ada hormon yang dikeluarkan yaitu epinephrine yang bisa memicu gula darah untuk naik. Kalau kamu mengalami stress pada jangka waktu yang sangat panjang pada saat itu juga kamu membunuh diri sendiri. Jadi, jangan sampai stress karena bisa menimbulkan diabetes.

5.Kebanyakan ngemil makanan yang tidak sehat
Makan makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan diabetes. Walaupun pada saat ngemil makanan bisa membuat perut kamu ini kenyang, kamu tidak tahu bahan yang dikandung oleh makanan tersebut berbahaya bagi tubuh. Semisal, kamu makan biskuit yang mengandung tepung dan gula hal ini bisa menyebabkan gula darah naik drastis dan bisa menyebabkan diabetes. 

No comments:

Post a Comment